Pengertian Iklan dan Keefektifannya dalam Pemasaran

Pengertian Iklan
Dalam bisnis marketing, iklan adalah hal yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan penjualan suatu produk. Periklanan yang baik akan efektif menarik pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang kita jual. Pengertian iklan itu sendiri adalah berita atau pesan yang ditujukan kepada publik agar terdorong atau terbujuk untuk mengikuti atau menuruti isi pesan yang disampaikan. Dalam bisnis marketing, isi pesan yang disampaikan adalah penjelasan mengenai barang atau jasa yang dijual dengan harapan publik mau membelinya.

Selain iklan produk, ada juga yang disebut iklan layanan masyarakat. Iklan semacam ini mengandung pesan berupa anjuran, petunjuk, atau peringatan yang perlu diketahui oleh masyarakat. Misalnya, iklan tentang jaminan kesehatan, iklan peringatan bahaya narkoba, dan sebagainya. Kesimpulannya, iklan layanan masyarakat memiliki tujuan yang tidak sesederhana iklan produk.

Untuk lebih memahami pengertian iklan dan tujuannya, berikut akan kami jabarkan lebih mendetail tentang fungsi dan tujuan dari sebuah iklan:

Persuasif
Tujuan dari sebuah iklan adalah untuk membujuk pelanggan agar mau mengikuti isi pesan yang disampaikan, misalnya mau membeli produk atau mau membayar pajak.
Informatif
Sebuah iklan harus memiliki informasi untuk disampaikan, misalnya informasi tentang keunggulan suatu barang atau informasi tentang cara mendapatkan jaminan kesehatan.
Mengingatkan
Beberapa iklan ditujukan agar publik selalu ingat akan suatu hal. Misalnya suatu produk yang sudah dikenal masyarakat tetap diiklankan agar pelanggannya tidak lupa dan kemudian membeli produk lain. Atau, ada juga iklan yang mengingatkan bahaya narkoba agar publik tidak terlena.
Meninggikan Nilai
Suatu produk yang dijual harus memiliki nilai lebih agar publik lebih tertarik membelinya ketimbang membeli produk lain. Misalnya iklan ponsel, maka pada iklannya harus disebutkan fitur hebat yang dimiliki ponsel tersebut namun tidak dimiliki produk lain.

Untuk dapat membuat iklan yang efektif, perlu memperhatikan beberapa aspek seperti misalnya:

Keseimbangan
Iklan harus memuat pesan dan beberapa elemen yang membuat penonton tertarik melihatnya. Jumlah pesan yang disampaikan tidak boleh terlalu banyak, karena akan membuat penonton bosan melihatnya.
Struktur
Beberapa elemen dalam iklan harus disusun sedemikian rupa untuk dapat mencapai tujuannya namun tetap terlihat menarik.
Sumber
Iklan tidak boleh asal bicara. Segala macam informasi yang disampaikan dalam iklan harus memiliki sumber yang bisa dipertanggungjawabkan.

Cukup sekian penjelasan dari kami. Semoga artikel kami cukup memberikan penjelasan tentang pengertian iklan dan peran efektifnya dalam usaha pemasaran.